Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 13 Juni 2016

Propeller Kapal (baling baling kapal)

Berikut adalah jasa pengecoran saya pribadi. Jika ingin memesan silahkan untuk menghubungi kontak kami. Kami melayani pengecoran kuningan, bronze, aluminium, ancuran, dll.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
Handphone: 081510539976 atau 08164823264 (Bapak Acau)
Email: bengkelcormajujaya@gmail.com 
Fax: 021-58301332

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai propeller kapal


Propeller Kapal atau yang biasa disebut baling baling kapal


Baling baling kapal merupakan faktor utama yang tentu saja membuat suatu kapal dapat bergerak. Baling baling atau yang sering kita sebut propeller ini pada dasarnya menggunakan konsep dimana ia mengubah gerakan rotasi menjadi suatu tenaga yang dapat mendorong kapal.


Jenis baling-baling berdasarkan suntingan dari (http://belajarkapal.blogspot.co.id/2010/02/baling-baling-kapalpropeller.html)
• Baling-baling dengan daun tetap terbuka (fixed pitch propeller)
• Baling-baling dengan daun tetap dengan selubung (nozzle)
• Baling-baling dengan daun dapat diputar (controllable pitch propeller)
• Selain itu masih ada alat-alat pendorong yang lain

Merancang baling-baling

Ada beberapa cara untuk merancang baling-baling

  • Melakukan uji coba model baling-baling di terowongan kavitasi (cavitation tunnel)
  • Memakai hasil seri model (puluhan model baling-baling ditarik pada berbagai kecepatan dll) dalam bentuk grafik
  • Memakai rumus pendekatan yang didapat dari statistik (dengan regresi)
  • Memakai perhitungan Computational Fluid Dynamics (CFD)

Kerugian (losses)

  • Tidak semua gaya dorong yang dihasilkan oleh baling-baling, terpakai untuk mendorong kapal karena ada kerugian pada baling-baling
  • Poros baling-baling mempunyai bantalan dan pengedap (seal) yang juga mengakibatkan kerugian karena gesekan
  • Tidak semua enersi hasil pembakaran bahan bakar diubah menjadi daya pada poros keluaran penggerak utama


Cavitation

  • Jika perancangan baling-baling tidak benar, akan terjadi kavitasi yaitu terbentuknya gelembung uap air
  • yang dapat mengakibatkan berkurangnya gaya dorong yng dihasilkan baling-baling
  • dan dapat merusak baling-baling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar